Resensi Buku: Tangan-Tangan Amerika: Operasi Siluman AS di Pelbagai Belahan Dunia

Resensi Buku: Tangan-Tangan Amerika: Operasi Siluman AS di Pelbagai Belahan Dunia

SUMBER: http://www.theglobal-review.com/content_detail.php?lang=id&id=3129&type=9#.V8_-kmDbvIU

Oleh: Nuning Soedibjo

tangan2-amerika

Buku ini sangat menjelaskan bagaimana busuknya dan tidak manusiawinya ideologi Amerika dalam ekonomi, yang dinamakan dengan neo-liberalisme alias kapitalisme atau globalisasi yang merupakan suatu kedok dari politik ekonomi Amerika itu sendiri.

Yang sangat menarik adalah, semua bangsa yang menerapkan politik nasionalisme kerakyatan demi menyejahterakan rakyatnya, ataupun bersikap netral dengan politik bebas-aktifnya dalam suatu permasalahan antara beberapa blok yang sedang bersengketa, justru akan langsung dianggap sebagai bangsa yang menganut komunisme, karena tidak sejalan dengan skema desain globalisasi yang ditawarkan oleh Amerika, dalam rangka menguasai dunia. 

Meskipun buku ini mengulas berbagai skenario Amerika yang mengupayakan berbagai cara untuk menguasai negara-negara di belahan dunia lainnya, saya lebih suka membaca bagian dimana Amerika berusaha mengendalikan Indonesia, karena sudah tentu akan lebih baik dan berguna bagi kita untuk memperhatikan negara sendiri ketimbang negara lain.

Bagi Amerika, posisi Indonesia terlalu penting, tidak saja dalam bidang ekonomi tetapi juga dalam percaturan politik global. Bahkan pentingnya Indonesia yang bersahabat, stabil dan sehat dari segi ekonomi, kiranya masih tetap menjadi kata kunci yang memandu kebijakan strategis Amerika di Indonesia, siapapun presiden yang bersinggasana di Gedung Putih.

Sedemikian berbahayanya Indonesia jika bersatu, Amerika menggunakan skenario untuk memecah belah Indonesia yang terdiri dari beberapa ribu pulau, dan juga berusaha menghilangkan ideologi nasionalisme kerakyatan yang berupa Pancasila dari Indonesia sendiri.

Demi melanggengkan kekuasaannya, setidaknya Amerika selalu menyiapkan kader binaannya dibantu oleh CIA, yang bisa saja menjadi presiden di setiap negara yang ingin dikuasainya, guna mendukung skenario globalisasi dari Amerika. Setiap presiden yang diluar dugaan Amerika dan tidak sejalan dengan politik luar negeri Amerika itu, sudah tentu akan ditentang dan dibunuh, entah bagaimana caranya.

Amerika pada dasarnya, akan menerapkan cara-cara yang halus terlebih dahulu untuk bisa menguasai negara-negara pilihannya, namun jika gagal, maka Amerika tidak akan segan-segan menggunakan cara yang keras-agresif seperti agresi militer dengan berbagai macam dalih guna membenarkan diri.

Kesimpulan dari buku yang saya baca ini: Selama rakyat Indonesia tidak mengobarkan nasionalisme bangsa dan negaranya, Indonesia akan selalu berada dalam jajahan negara asing, yang artinya Indonesia sewaktu-waktu bisa membuat seluruh negara yang ingin menguasainya, menjadi ketakutan jika Indonesia berhasil bersatu demi persatuan dan kesatuan.

Kemanakah nasionalisme diri rakyat Indonesia yang berbangsa satu, bertanah air satu??!!!

——————

Informasi BUKU:

Judul Buku : Tangan-Tangan Amerika: Operasi Siluman AS di Pelbagai Belahan Dunia

Pengarang : Hendrajit dkk

Editor : Hawe Setiawan

Penerbit : Global Future Institute

Halaman : 317 hal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: