39 Orang Termasuk 5 Warga Inggris Menjadi Korban Serangan Teroris Tunisia

39 Orang Termasuk 5 Warga Inggris Menjadi Korban Serangan Teroris Tunisia

SUMBER: http://liputanislam.com/berita/39-orang-termasuk-5-warga-inggris-menjadi-korban-serangan-teroris-tunisia/

Tunis, LiputanIslam.com — Sejumlah negara Timur Tengah termasuk Marokko, Yordania, Lebanon, Uni Emirat Arab dan Bahrain, hari Jumat (26/6) mengutuk keras serangan terhadap hotel di Sousse, Tunisia, yang menewaskan setidaknya 39 orang dan melukai 36 orang pada hari itu.

Tunisia-Sousse

Kota Sousse, 140 kilometer di sebelah selatan Ibu Kota Tunisia, Tunis, adalah objek wisata paling terkenal di negeri tersebut. Sejak revolusi ‘Arab Spring’, ada satu upaya serangan teror di luar satu hotel di wilayah itu.

“Kerajaan Marokko menyampaikan solidaritasnya kepada negara Tunisia, menyampaikan belasungkawa setulus hati dan rasa sayang sepenuh hati kepada keluarga korban, dan mendoakan kesembuhan cepat korban cedera,” kata Kementerian Urusan Luar Negeri Marokko di dalam satu pernyataan. 

“Kami mengutuk segala jenis kekerasan dan pembunuhan warga sipil,” kata Menteri Negara Jordania Urusan Media Mohammad Momani, sebagaimana dikutip Xinhua dan dikutip Antara.

Flowers-are-placed-at-the-beach-next-to-the-Imperial-Marhaba-Hotel

Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UAE) Sheikh Abdallah Bin Zayed An-Nahyan mengatakan, “Kejahatan … merupakan peningkatan brutal kelompok fanatik yang mengenakan mantel agama untuk membenarkan aksi kejam mereka.”

Flowers-are-placed-at-the-beach-next-to-the-Imperial-Marhaba-Hotel (1)

Negara Afrika Utara tersebut telah seringkali diguncang serangan kaum fanatik. Pada Maret, dua warga Tunisia yang baru pulang dari Libya menewaskan 22 orang dalam serangan teror di Museum Nasional Bardo.

Sementara itu kantor berita Inggris BBC melaporkan, Sabtu (27/6) setidaknya 5 warga Inggris menjadi korban serangan teroris itu. Hal ini disampaikan langsung oleh Menlu Inggris Philip Hammond dalam pernyataannya setelah serangan itu.

Jumlah korban warga Inggris itu kemungkinan bisa bertambah mengingat sejumlah korban lainnya mengalami luka serius dan kini tengah menjalani perawatan intensif. Demikian pernyataan Hammond.

Para pejabat Tunisia mengatakan bahwa seorang pelaku serangan berhasil ditembak mati dan palaku lainnya tengah dalam pengejaran.

Kelompok teroris ISIS mengaku bertanggungjawab atas serangan itu dan menyebut anggotanya yang tewas ditembak bernama Abu Yahya al-Qayrawani.

Selain warga Inggris, serangan tersebut juga menelan korban dari negara-negara lain seperti Jerman, Belgia dan Irlandia, di samping warga Tunisia sendiri.(ca)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: