Bagir Manan Sebut Obor Rakyat Produk Haram Pers

Bagir Manan Sebut Obor Rakyat Produk Haram Pers  

SUMBER: http://pemilu.tempo.co/

.

bagir mananTEMPO.COJakarta – Ketua Dewan Pers Bagir Manan mengatakan tabloid Obor Rakyat dan tabloid Sang Pendusta adalah produk haram pers. Alasannya, tabloid ini telah melanggar kaidah-kaidah pers. Tabloid yang tergolong koran kuning ini digunakan untuk menyerang salah satu calon presiden dengan isu SARA. Menurut Bagir, tabloid Obor Rakyat ini tidak termasuk dalam inventarisasi lembaga pers setiap tahun.

“Bisa disimpulkan tabloid itu bukan produk pers,” kata Bagir Manan ketika dihubungi, Jumat, 13 Juni 2014. (Baca: Alamat Redaksi Tabloid Obor Rakyat Fiktif)

Dia menegaskan lembaga yang tidak memenuhi syarat sebagai lembaga pers tidak akan mendapat perlindungan Undang-Undang pers. Bagir menyarankan pihak yang dirugikan untuk melaporkan kasus ini ke kepolisian. 

“Kami tidak akan melindungi siapa pun yang ada di balik tabloid itu. Undang-Undang Pers saat ini sudah cukup tegas,” ujar Bagir. (Baca: Jokowi Tulisan Obor Rakyat Itu Fitnah)

Ketua Badan Pengawas Pemilu, Muhammad, mengaku belum mengetahui tabloid Sang Pendustayang beredar di Tasikmalaya, Jawa Barat.

“Belum ada laporan dari daerah, akan kami tugaskan tim di daerah untuk mengusut peredaran tabloid itu, hari ini,” ujar Muhammad.

Muhammad menegaskan tidak akan menoleransi kegiatan kampanye negatif. “Bawaslu sudah bekerja sama dengan intel dan kepolisian untuk mengusut kasus ini,” ujar Muhammad.

Menurut Muhammad, penyebaran tabloid yang berisi fitnah dan berbau SARA sudah memenuhi unsur pidana. Karena itu, kata Muhammad, Bawaslu akan bertindak tegas dengan melaporkan kasus ini ke Mabes Polri. (Baca: Tabloid Obor Rakyat Edisi Kedua Beredar di Jember)

DINI PRAMITA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: