Iran Kutuk Penodaan Tempat Suci Muslim di Suriah

Iran Kutuk Penodaan Tempat Suci Muslim di Suriah

SUMBER: http://rimanews.com/internasional/iran-kutuk-penodaan-tempat-suci-muslim-di-suriah/

Terrorists bomb Shia shrine in Syria

RIMANEWS- Iran mengecam keras penodaan tempat suci Syiah di bagian utara kota Suriah dari Raqqa oleh kelompok teroris al- Qaeda. Menurut sebuah laporan yang dimuat di situs Press TV pada hari Rabu (26/3), militan asing yang didukung kelompok Negara Islam Irak dan Syam (ISIL) , yang berjuang melawan pemerintah Presiden Suriah Bashar al – Assad , meledakan dua masjid yaitu Ammar bin Yasir dan Uwais al- Qarani.

Pada hari Kamis, Kementerian Luar Negeri Iran mengutuk serangan teroris dan meminta organisasi internasiona , termasuk PBB dan Organisasi Kerjasama Isla , untuk bereaksi terhadap tindakan ekstrimis tersebut yang bertentangan dengan norma-norma internasional.

“Reaksi dari masyarakat internasional dan kecaman dari kegiatan tersebut merupakan langkah pertama dalam menjalankan tanggung jawab untuk menjaga hal-hal yang suci bagi agama-agama ilahi dan mencegah terulang kembali tindakan ekstremis tersebut.” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Marzieh Afkham yang dikutip kantor berita negara IRNA.

Kedua mesjid tersebut telah dikuasia selama setahun oleh tentara militan, sebelumnya tempat tersebut pernah menjadi tujuan bagi peziarah Muslim Syiah, termasuk mereka yang berasal dari Iran , Lebanon dan Irak .

Foto masjid diposting di Internet pada hari Rabu menunjukkan kerusakan yang luas pada bagian eksterior dinding dan atap bangunan. Dalam beberapa gambar juga terlihat beton dan logam bengkok yang berserakan di jalan di luar masjid juga dinding interior yang runtuh.
Kelompok ISIL al- Qaeda dan kelompok militan Takfiri telah menargetkan banyak situs sejarah dan situs religi di Suriah sejak tiga tahun lalu, ketika negara Arab dilanda kekerasan yang didukung negara-negara asing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: