Polisi Jepang Mata-matai Warganya yang Muslim

Polisi Jepang Mata-matai Warganya yang Muslim

SUMBER: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah dokumen internal kepolisian Jepang yang bocor ke Internet memperlihatkan bahwa hukum di negara tersebut begitu detail mencari informasi para warganya terutama kaum muslim yang menetap di sana, seperti dikutip Press TV, Rabu (9/2). Informasi tersebut juga diberikan kepada pemerintah Amerika Serikat, yang merupakan permintaan dari negara adidaya tersebut, yang tidak lain bagian dari proyek kerja sama pemberantasan terorisme di dunia.

Muslim Jepang mengatakan bahwa dua polisi setempat memantaunya setiap Jumat saat dirinya pergi ke Masjid untuk beribadah shalat Jumat. Profesor Akira Uzuki, yang merupakan satu-satunya tokoh akademisi Jepang yang diterima di dunia Arab, mengkritik islamophobia yang saat ini telah merajalela.

“Bukan antara individu tetapi antara polisi Jepang dan pendiriannya,” ujarnya. “Berbicara secara umum, polisi Jepang memantau Muslim sangat hati-hati dan mereka memberikan informasi tersebut terkait muslim setiap harinya. Saya meragukan pemerintah Jepang membutuhkan banyak informasi (terkait) Muslim,” ungkap Usuki.

Meskipun, Jepang mungkin bukan negara yang pertama yang terlintas dalam pikiran ketika membicarakan seputar isu islamophobia, titik pandang subjektif tampaknya telah merambah, bahkan ini sudut Asia Tenggara. Ada lebih dari 100.000 Muslim yang tinggal dan mempraktekkan imannya di Jepang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: