Oposisi Bahrain: Berarti Arab Saudi Ingin Berperang!

Oposisi Bahrain: Berarti Arab Saudi Ingin Berperang!

SUMBER: Irib

Saeed al-Shehabi, seorang pemimpin oposisi Bahrain, memperingatkan jika Arab Saudi tidak segera menarik pasukannya dari Bahrain, maka akan tersulut perang baru di seluruh kawasan Teluk Persia.

Dalam wawancaranya dengan Press TV hari ini (15/3) al-Shehabi mengatakan, “Saudi lebih baik menarik kembali pasukannya… karena jika tidak maka akan ada konsekuensi buruk.”

“Ini dapat memantik perang baru di kawasan ini, karena aksi tersebut merusak keseimbangan kekuatan regional yang merupakan sebuah fenomena sangat vital khususnya di saat revolusi dan tuntutan rakyat harus diutamakan,” tegas al-Shebabi.

Tokoh oposisi itu juga menyatakan kekhawatirannya soal kemungkinan pasukan Saudi tidak akan meninggalkan Bahrain, karena sejarah membuktikan bahwa ketika Riyadh mengirim pasukan ke Kuwait dan Yaman, militer Saudi tidak pernah ditarik kembali dari dua negara tersebut.

Ditambahkannya, “Kekhawatiran kami adalah jika mereka (Saudi) menduduki sejumlah wilayah Bahrain, terutama ladang minyak kolektif Abu Safah, yang dibagi 50 persen antara kedua negara.”

“Situasi saat ini cenderung memburuk dan lebih tegang. Dikhawatirkan banyak warga yang akan terbunuh sia-sia,” tutur al-Shehabi.

Senin (13/3), Arab Saudi, Kuwait, Uni emirat Arab, Oman, dan Qatar, mengirim ribuan pasukan militernya ke Bahrain menyusul permintaan dari pemerintah Manama dalam rangka meredam protes rakyat.

Terinspirasi dari keberhasilan revolusi rakyat Tunisia dan Mesir, warga Bahrain yang mayoritasnya bermazhab Syiah juga menggelar demonstrasi sejak pertengahan Februari lalu, dalam rangka menunut menuntut penggulingan rezim monarki dan perubahan undang-undang.

Para demonstran mendirikan ratusan tenda di Bundaran Mutiara, yang menjadi pusat konsentrasi para demonstran di Manama. Sejak protes dimulai hingga kini tercatat tujuh warga tewas. (IRIB/MZ/SL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: