Cegah Demonstrasi Anti-Pemerintah, Arab Saudi Siapkan 10 Ribu Pasukan

Cegah Demonstrasi Anti-Pemerintah, Arab Saudi Siapkan 10 Ribu Pasukan

SUMBER: Tempo Interaktif

TEMPO Interaktif, Jakarta – Pemerintah Arab Saudi menyiapkan 10 ribu pasukan keamanan untuk mencegah membesarnya demonstrasi di negaranya seperti yang terjadi di Timur Tengah dan Afrika lainnya.

Pasukan keamanan itu dipersiapkan menghadapi demonstrasi di timur laut Arab di provinsi-provinsi yang berpenduduk mayoritas Syiah agar tidak menyebar ke Dammam dan kota lainnya. Pasukan mulai diangkut dengan bus menuju lokasi untuk mencegah aksi demo yang dinamai “Revolusi Hunayn”.

Arabi Saudi sangat takut dengan kebangkitan dunia Arab baru yang diiringi dengan aksi pemberontakan dan huru-hara yang saat ini membayang-bayangi negeri itu.

Saudi khawatir kekacauan di negara tetangganya Bahrain memprovokasi kondisi keamanan negerinya. Raja Arab Saudi Abdullah meminta Bahrain segera menghentikan pemberontakan di negerinya, jika tidak ia sendiri yang akan turun tangan.

Kelompok oposisi di Arab Saudi memperkirakan 20 ribu pendemo yang akan berkumpul di Riyadh dan di provinsi-provinsi berpenduduk mayoritas Syiah dalam enam hari ini. Mereka akan menuntut dihentikannya korupsi, dan kalau perlu penggulingan pemerintah.

Mereka sudah mengambil ancang-ancang, Rencananya mereka memposisikan para wanita di baris terdepan untuk menciutkan nyali aparat keamanan agar tidak menembaki mereka.

Untuk menghentikan aksi itu, pasukan keamanan telah dikerahkan di Qatif, di mana mayoritas muslim Syiah tinggal. Sejumlah kendaraan keamanan juga terlihat di kota pelabuhan Dammam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: