Libya: Kota-kota Berjatuhan, Preman dan Sniper Berusaha Pertahankan Tripoli

Kota-kota Berjatuhan, Preman dan Sniper Berusaha Pertahankan Tripoli

SUMBER: Irib


Para preman dan penembak jitu pro-Presiden Libya, Muammar Gaddafi, tengah berjuang keras mengendalikan ibukota menyusul jatuhnya kontrol sejumlah kota ke tangan para demonstran.

Berbagai laporan menyebutkan bahwa demonstran telah merebut kontrol kota Tajuraa, yang terletak tidak jauh dari ibukota. Kota Zwaara dan Azzawiya di Libya barat juga lepas dari kontrol pemerintah Gaddafi.

Para demonstran berhasil menguasai sekitar 70 persen kota di Libya bersamaan dengan maraknya aksi pembelotan dan pembangkangan para tentara negara ini atas instruksi pembunuhan warga yang berdemo.

Warga di Propinsi Cyrenaica juga mulai berjuang menyingkirkan kendali pemerintah dan aparat keamanan. Upaya ini menyusul jatuhnya kota terbesar kedua di Libya, Benghazi.

Pasukan pro-Gaddafi, di kota Tobruk menyatakan telah kehilangan kendali atas wilayah tersebut. Para tentara di Tobruk menyatakan tidak akan mendukung Gaddafi. Tobruk terletak dekat perbatasan Mesir.

Kebrutalan rezim Gaddafi dalam upaya menghentikan aksi unjuk rasa dalam beberapa hari terakhir, memantik gelombang protes dunia. Kekerasan yang telah menewaskan sekitar 1.000 demonstran.

Di sisi lain, menurut para pengamat, brutalitas rezim Gaddafi makin memberikan momentum gerakan rakyat melawan rezim diktator dan semakin kecil pula kemungkinan bagi rakyat untuk membatalkan tuntutan mereka. (IRIB/MZ/SL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: