130 Tentara Libya Dieksekusi Gaddafi

130 Tentara Libya Dieksekusi Gaddafi

SUMBER: Irib

Tentara Libya yang membelot ke Rakyat

Para tentara Libya yang membelot karena menolak membantai warga yang berdemonstrasi menentang Presiden Muammar Gaddafi, dieksekusi. Demikian dilaporkan Federasi Internasional Hak Asasi Manusia (IFHR).

Sebuah rekaman video amatir menunjukkan jenazah sekitar 130 tentara Libya yang tewas dengan tangan terikat di belakang punggung mereka. Para tentara itu membelot dan akhirnya ditembak mati di kepala dari jarak dekat di kota di al-Bayda dekat Benghazi.

Berita ini terkuak di tengah munculnya berbagai laporan mengenai maraknya pembangkangan para perwira militer dan tentara Libya terhadap instruksi untuk membunuh para demonstran.

Kantor berita DPA melaporkan, IFHR menyatakan bahwa tindakan brutal terhadap para demonstran di Libya itu merupakan “kejahatan terhadap kemanusiaan” yang harus ditindak di Mahkamah Pidana Internasional.

Sumber-sumber medis mengatakan kepada IFHR soal apa yang mereka saksikan sebagai jejak pembantaian di Benghazi, di sebuah rumah sakit yang dipenuhi dengan jenazah dan para korban cedera akibat serangan pasukan pro-Gaddafi.

Sementara itu, ratusan syuhada telah dimakamkan di kuburan massal di sebuah pantai di ibukota Tripoli.

Sedikitnya 1.000 orang tewas akibat kekerasan aparat keamanan terhadap warga sipil sejak minggu lalu. Sementara itu Gaddafi bersumpah tidak akan menuruti tuntutan rakyatnya dalam mengakhiri jabatannya selama empat dekade di negara itu. Ia bahkan mengancam akan menumpas habis para demonstran.

Pasukan pro-Gaddafi telah menggunakan persenjataan berat kemarin (23/2) untuk membubarkan demonstrasi.

Meski demikian, banyak kota yang telah jatuh ke tangan para demonstran termasuk di antaranya Tajuraa, Zwaara, Azzawiya, Benghazi, Derna dan Tobruk.

Di lain pihak, pasukan pro-Gaddafi juga semakin meningkatkan represi dengan menggelar operasi pembersihan dari rumah ke rumah untuk memburu para penentang.(IRIB/MZ/SL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: