Lybia Membara: Sudah 100 Demonstran Tewas di Libya

Sudah 100 Demonstran Tewas di Libya

SUMBER: Irib

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON–Demonstrasi di Libya belum juga sepekan, namun korban tewas sudah menembus 100 orang. Demikian disampaikan kelompok HAM yang memantau demonstrasi di negara tersebut. Total korban jiwa di Libya, menurut mereka, sudah mencapai 104 orang.

Ini mencakup 20 korban tewas terakhir, Sabtu lalu, saat militer Libya menembaki demonstran dengan sejata berat seperti senapan mesin, mortar, senjata berkalber besar, bahkan pelontar misil.

Menurut kelompok HAM, estimasi korban ini termasuk yang konservatif. Kemungkinan korban jatuh lebih banyak sangat terbuka.

Ribuan orang berunjuk rasa di negara Kolonel Muammar Gaddafi ini sejak Rabu lalu. Libya sudah dipimpin Gaddafi sejak 42 tahun lalu. Demonstrasi di Libya merebak setelah melihat dampak demonstras di Tunisia dan Mesir. Di kedua negara itu, demonstran berhasil menjatuhkan pemerintahannya yang dipandang korup.

Sayangnya, laporan jumlah korban ini sukar diverifikasi. Pemerintah Libya menutup pintunya terhadap wartawan dari manapun juga. Salah satu kota yang paling sering dilanda demonstrasi adalah Benghazi, kota terbesar kedua di Libya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: