LIBYA: Pemakaman Korban Bentrokan Picu Gelombang Protes Baru

LIBYA: Pemakaman Korban Bentrokan Picu Gelombang Protes Baru

SUMBER: Republika

REPUBLIKA.CO.ID,TRIPOLI-Kemarahan terhadap penguasa Libya, Muammar Gaddafi, mewarnai pemakaman korban bentrokan dengan aparat, Jumat, di Benghazi dan Al Bayda. Prosesi pemakaman ini dipercaya akan memicu gelombang protes baru. Di Benghazi, seperti dilaporkan AlJazeera, ribuan massa kembali turun ke jalan.

Korban tewas dalam bentrokan dengan aparat saat demonstrasi ‘hari kemarahan’ sehari sebelumnya diberitakan mencapai puluhan orang. Laporan sebuah jaringan sosial internet pada Jumat mengatakan korban tewas mencapai 50 orang. Ketatnya kontrol atas media dan komunikasi menyulitkan untuk mengetahui akibat dari kekerasan tersebut.

Para pendukung pemerintah juga turun ke jalan pada Jumat pagi. Demikian dilaporkan televisi pemerintah. Dalam siaran berlabel ‘langsung’ itu, orang-orang meneriakkan slogan mendukung Gaddafi. Mereka bernyanyi mengelilingi limosin Gaddafi yang menyuri jalanan ibu kota.

Bentrokan berdarah pecah di beberapa kota pada Kamis menyusul ajakan oposisi untuk menggelar demonstrasi antipemerintah yang terinspirasi revolusi di Tunisia dan Mesir.

Bentrokan terparah terjadi di Benghazi dan Al Bayda di distrik Cyrenaica. Harian Quryna melaporkan kepala keamanan wilayah tersebut dicopot menyusul tewasnya demosntran di Al Bayda.

Para demonstran menuntut reformasi politik, penghormatan HAM, dan diakhirinya korupsi. Sebelumnya, untuk meredakan aksi demo, Gaddafi menawarkan kenaikan gaji pegawai pemerintah hingga dua kali lipat dan pelepasan 110 tahanan politik. Gaddafi, pemimpin Arab  terlama yang masih bertahan, juga melakukan pertemuan dengan pimpinan suku-suku untuk memantapkan dukungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: