Siapakah Tantawi, Pengendali Pemerintah Mesir Saat Ini?

Siapakah Tantawi, Pengendali Pemerintah Mesir Saat Ini?

SUMBER: irib

Wakil Perdana Menteri Mesir, Mohammad Hossein Tantawi yang juga Menteri Pertahanan dan Panglima Angkatan Bersenjata, kini memegang kendali pemerintah Mesir setelah Hosni Mubarak menyatakan mundur dari jabatannya. Hingga kini, kebijakan Tantawi yang kurang dikenal Barat, masih menjadi teka-teki; apa yang akan dilakukannya pasca lengsernya Mubarak?

Tantawi yang kini memimpin Dewan Tinggi Militer Mesir rupanya cukkup dikenal mantan menteri pertahanan AS, William Cohen, mengaku mengenal baik Tantawi, bahkan Pentagon pernah bekerjasama dengan Ketua Dewan Tinggi Militer ini yang kini mengendalikan pemerintah Mesir pasca Mubarak.

Ketua Dewan Tinggi Militer Mesir, Mohammad Hossein Tantawi Bersama Zionis Ehud Barak

Cohen dalam wawancaranya dengan Televisi CNN mengatakan, “Hingga kini masih menjadi pertanyaan, apakah Tantawi tetap akan menjadi Panglima Militer atau akan menyerahkannya ke orang lain.”

Tantawi kelahiran 31 Oktober 1935 dikenal sebagai “Panglima Front”. Pada tahun 1956, Tantawi akan menerima tugas militer untuk pertama kalinya. Tantawi pada tahun itu juga terlibat dalam perang melawan Inggris, Perancis dan Zionis Israel. Pada tahun 1967 dan 1973, Tantawi kembali terjun di medan perang untuk menghadapi Zionis Israel.

Karir panjang militer Tantawi telah menghantarkannya sebagai Menteri Pertahanan Mesir pada tahun 1991. Dengan jabatan itu, ia termasuk salah satu pengambil kebijakan penting di Mesir.

Menurut situs analisa militer, selama Tantawi menjabat sebagai Menteri Pertahanan, angkatan bersenjata negara ini justru mengalami kemunduran dari sisi taktik dan operasi militer. Bahkan terdapat bocoran data yang menjelaskan hubungan Mubarak dengan Tantawi dan berbagai pandangan pejabat militer terkait Ketua Dewan Tinggi Militer ini. Bocoran itu disebar oleh situs-situs pembocor data-data rahasia, termasuk WikiLeaks.

Berbagai data juga menyebutkan bahwa Tantawi termasuk orang yang menentang kebebasan berpendapat, pembenahan struktur politik dan ekonomi. Selain itu, ia mendukung penuh kekuatan sentral atau kediktatoran. Tantawai juga disebut-sebut sebagai pejabat militer yang berperangai kasar. Disebutkan, Tantawi pernah menghina perwira menengah di sebuah klub dan menyebutnya sebagai “Anjing Mubarak”.
Berdasarkan data yang diungkap Wiki Leaks, Tantawi termasuk pejabat militer yang menekankan pengawasan ketat atas kelompok-kelompok politik seperti Ikhwanul Muslimin. Menjelang lengsernya Mubarak, Tantawi tetap menunjukkan kesetiannya atas rezim diktator ini. (IRIB/ISNA/AR/MZ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: