Mubarak Mundur, Inilah Reaksi Dunia…

Mubarak Mundur, Inilah Reaksi Dunia…

SUMBER: Republika

Wapres Omar Suleiman menyampaikan pengunduran diri Presiden Mubarak di televisi

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO-Presiden Hosni Mubarak mundur, Jumat malam waktu setempat, usai 18 hari gelombang protes rakyat menuntut pengunduran dirinya. Berikut sejumlah reaksi dunia atas keputusan Mubarak mundur setelah 30 tahun berkuasa:

AS:

Wapres Joe Biden mengatakan pergantian kekuasaan di Mesir merupakan momen sangat penting dalam sejarah negara itu dan Timur Tengah. Transisi di Mesir adalah sebuah perubahan yang tak dapat dibalikkan.

Presiden Obama direncanakan menyampaikan pidato soal Mesir pada pukul 13 waktu setempat

Uni Eropa (UE)

“UE menghormati keputusan Mubarak. Dengan mundur, ia telah mendengar suara rakyat Mesir dan membuka jalan untuk reformasi yang lebih cepat dan lebih dalam,” kata Kepala Kebijakan Luar Negeri UE, Catherine Ashton. “Yang penting saat ini adalah dialog dipercepat yang mengarah pada pemerintahan yang merangkul semua yang menghormati aspirasi rakyat. Masa depan Mesir terletak di tangan rakyat Mesir. UE akan membantu sebisanya.”

Omar Suleiman CIA’s MAN IN CAIRO bersama Presiden Zionis Israel Shimon Peres di Tel Aviv

Israel:

“Terlalu dini memprediksi dampak pengunduran diri ini,” kata seorang pejabat senior Israel. “Kami harap bahwa perubahan kea rah demokrasi di Mesir akan terjadi tanpa kekerasan dan kesepakatan damai (dengan Israel) tetap dipertahankan.”

Omar Sulaiman & Ariel Sharon Pembantai Pengungsi Palestina di Sabra & Shatila 

Gaza:

“Pengunduran Mubarak adalah awal kemenangan revolusi Mesir,” kata jubir Hamas, Sami Abu Zuhri. “Kemenangan ini adalah hasil pengorbanan dan tekad rakyat Mesir.”

“Kami meminta pemimpin baru Mesir untuk mengambil keputusan segera untuk menghapus blockade Gaza dan membuka gerbang penyeberangan Rafah secara permanen untuk mengizinkan lalu lintas orang-orang, dan demi dimulainya proses rekonstruksi di Gaza.”

Jerman:

“Hari ini hari kegembiraan,” kata Kanselir Angela Merkel dalam jumpa pers. “Kita semua menyaksikan perubahan bersejarah. Sayamerasakan kegembiraan rakyat Mesir dan jutaan orang di jalanan Mesir.”

Liga Arab:

“Saya menantikan untuk membangun konsensus nasional dalam periode-periode mendatang. Kini ada kesempatan besar dan jendela telah terbuka usai revolusi putih dan usai pengunduran diri Presiden,” ujar Sekjen Liga Arab yang juga warga Mesir, Amr Moussa, kepada televisi Al Arabiya.

Ditanya apakah berminat menjadi Presiden, ia mengatakan “Ini bukan saatnya berbicara itu… Sebagai rakyat Mesir, saya bangga untuk mengabdi kepada Negara dengan semua orang pada tahap ini, untuk membangun consensus dari opini-opini yang ada.”

Qatar:

“Ini langkah yang positif dan penting menuju aspirasi rakyat Mesir untuk mendapatkan demokrasi dan reformasi,” kata pernyataan dari Istana.

____________________

BERITA TERKAIT

  1. Breaking News: Mubarak Mundur!
  2. Ahmadinejad: Tak Lama Lagi, Timur Tengah Bebas dari AS dan Israel
  3. Apa yang Dilakukan Obama Saat Mendengar Mubarak Mundur?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: