Din Syamsuddin: Belajar dari Mesir, Jangan Pernah Bermain-main dengan Kekuasaan

Belajar dari Mesir, Jangan Pernah Bermain-main dengan Kekuasaan

SUMBER: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menilai latar belakang dari demonstrasi besar-besaran di Mesir adalah banyaknya terjadi ketidakadilan di masyarakat, terlebih pemerintahan Mesir yang otoriter dan diktator.

Menurut dia, kejadian itu dapat menjadi pelajaran bagi para pemimpin di seluruh dunia, dimana rakyat akan menumbangkan pemerintah yang otoriter, apalagi diktator yang tidak memberikan ruang bagi partisipasi publik atau pun melakukan penyelewengan.

“Dengan kejadian di Mesir dan Tunisia menjadi pelajaran bagi rezim yang berkuasa agar tidak bermain-main dengan kekuasaan,” katanya seraya berharap kejadian tersebut tidak menimpa Indonesia.

Din menjelaskan, Pemerintahan Hosni Mubarak sudah terlalu lama berkuasa dan rakyat tidak merasakan adanya keuntungan, meski terdapat partai oposisi.

Pemerintah sangat berkuasa, bahkan menangkap lawan-lawannya dan melakukan ancaman kepada lawan-lawan politik. Walaupun ada reformasi tapi tetap dirasakan rakyat ada ketidakadilan, terlebih Hosni juga berniat untuk mencalonkan istrinya untuk menjadi suksesor pelanjut dia, lanjut Din.

“Hal ini dianggap sebagai upaya membangun feodalisme, dinasti. Apalagi, kemudian pemerintahnya sendiri tidak selalu baik, tidak berprestasi, bermanfaat bagi kesejahteraan rakyatnya,” ucapnya.

Satu Tanggapan

  1. Salam kenal…

    Silakan berkunjung…🙂
    http://popnote.wordpress.com
    Terima kasih…😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: