Presiden Pengadilan Khusus untuk Lebanon (STL), Antonio Cassese, Ternyata Pendukung Teroris

Presiden STL Ternyata Pendukung Teroris

SUMBER: Irib

antonio cassese

Presiden Pengadilan Khusus untuk Lebanon (STL), Antonio Cassese, menyeru dukungan luas AS dan Eropa terhadap Organisasi Mujahidin Khalq (MKO) yang merupakan kelompok teroris anti-Iran.

Menyinggung konferensi, bertema “In Search of Justice, European Committee for De-listing the MKO” yang diadakan pada tahun 2008, Cassese mengatakan kelompok teroris itu harus mendapatkan keuntungan dari kekebalan hukum. Demikian dilaporkan hari ii (23/1) kantor berita Fars.

Di sisi lain, Cassese diperkirakan akan segera merilis gugatan di STL terkait kasus teror mantan Perdana Menteri Lebanon Rafiq Hariri dan 20 orang lain di Beirut pada Februari 2005.

Pengadilan khusus yang didukung AS itu telah memicu ketegangan dan friksi politik terburuk di Lebanon sejak 2008.

MKO merupakan kelompok teroris yang bekerjasama dengan rezim Saddam Hossein, mantan diktator Irak Saddam Hussein, dalam melakukan berbagai kejahatan selama periode 1980-1988.

Kelompok tersebut juga bertanggungjawab atas berbagai serangan teror yang menelan banyak korban baik dari pejabat maupun warga sipil Iran selama tiga dekade terakhir. Oleh Iran dan banyak negara dunia, kelompok ini tercatat dalam daftar hitam kelompok teroris.

Namun sejumlah hakim yang menghadiri konferensi 2008 di Eropa itu, menilai pencantuman MKO dalam daftar kelompok teroris sebagai langkah “ilegal.”

Mereka mengklaim bahwa menurut dua resolusi yang disahkan oleh Parlemen Eropa pada tanggal 12 Juli 2007 dan September 4, 2008, para anggota MKO di Kamp Ashraf, di Provinsi Diyala, Irak, dianggap sebagai “pengungsi politik” dan mendapat kemudahan berdasarkan Perjanjian Jenewa.

Ditekankan pula bahwa Amerika Serikat harus melanjutkan melindungi markas MKO di Kamp Ashraf, serta bahwa pencabutan dukungan terhadap MKO “dapat menyulut bencana”.

Pada tahun 2009, Uni Eropa mengeluarkan nama MKO dari daftar hitam kelompok teroris.

Pada tahun 2008, MKO, yang termasuk dalam daftar hitam kelompok teroris di AS sejak tahun 1997, mengajukan petisi menentang pencantumannya dalam daftar hitam kelompok teroris. (IRIB/MZ/SL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: