Hillary Clinton Telah Peringatkan Dubes Sebelum Kebocoran WikiLeaks

Hillary Clinton Telah Peringatkan Dubes Sebelum Kebocoran WikiLeaks

SUMBER: Republika

Hilary Clinton & Saud Al Faisal Menlu Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON–Menteri Luar Negeri Hillary Clinton ternyata telah mengeluarkan peringatan dan mengontak para duta besar Amerika Serikat di seluruh dunia. Ia memperingatkan para diplomat bahwa akan ada rahasia diplomatik yang dibeberkan beberapa hari sebelum dokumen itu benar-benar bocor ke publik.

Gedung Putih pun menyatakan mengutuk pengungkapan dokumen rahasia yang berisi informasi sensitif negara tersebut. Pemerintah AS rupanya sudah mencium kebocoran itu sesaat sebelum WikiLeaks kembali membocorkannya ke media.

Pada Sabtu malam, (27/11) Penasihat hukum Departemen Luar Negeri AS, Harold Hongju Koh, telah mengirim surat kepada seorang pengacara Wikileaks bahwa tindakan mereka ilegal dan bisa membahayakan hidup orang banyak, mengganggu operasi militer dan upaya kontraterorisme dan melemahkan kerjasama internasional melawan proliferasi nuklir dan ancaman lainnya.

Sementara dokumen itu tersebar melalui beberapa media di AS dan Inggris pada Ahad (28/11) waktu Washington.
Duta Besar AS di Inggris juga telah menerima surat dari pimpinan WikiLeaks, Julian Assange pada Jumat (26/11). Assange menulis jika memang benar ada individu yang secara spesifik terancam bahaya akibat pengungkapan dokumen oleh WikiLeaks, silakan disebut dokumennya.

“Saya sangat berterima kasih pada pemerintah AS jika menyebut nomor dokumen atau nama orang yang dapat terancam bahaya tersebut dan WikiLeaks akan menghormati saran pemerintah AS,” tukasnya.

Kawat diplomatik yang dibocorkan sebagian besar adalah komunikasi harian antara Departemen Luar Negeri dan 270 kedutaan besar dan konsulat. Sekali lagi AS menganggap bahwa cara WikiLeaks dengan membocorkan dokumen rahasia negara justru bertentangan dengan upaya memerangi terorisme, mewujudkan proliferasi nuklir dan membahayakan kerjasama yangbaik antar negara untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: