Gelar Kekuatan di Laut Perlu Ditingkatkan

Gelar Kekuatan di Laut Perlu Ditingkatkan

SUMBER: Republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Mantan Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono mengatakan bahwa gelar kekuatan di laut perlu ditingkatkan, agar tidak ada pelanggaran wilayah atau kegiatan ilegal oleh pihak asing di wilayah laut Indonesia.

“Sekitar 75 persen wilayah Indonesia adalah perairan. Perlu ada penambahan gelar kekuatan di laut,” kata Juwono di Jakarta, Sabtu. Juwono mengatakan, posisi Indonesia diantara dua samudra mengakibatkan selat-selat di Indonesia menjadi penting untuk pelayaran dunia.

“Tidak saja pelayaran niaga, melainkan juga militer. Luas wilayah perairan Indonesia perlu dijaga dengan kehadiran gelar kekuatan yang memadai,” ujarnya.

Gelar kekuatan di laut Indonesia penting, selain menjaga kepentingan sejumlah negara yang melintasi perairan Indonesia, juga menjaga wilayah laut nasional dari pelanggaran wilayah dan kegiatan ilegal oleh pihak asing, tutur Juwono.

Terkait itu, tambah mantan Dubes RI untuk Inggris itu, pemerintah telah mengalokasikan kenaikan anggaran bagi alat utama sistem senjata TNI Angkatan Laut sebesar 20 persen per tahun hingga 2020.

Senada dengan Juwono, pengamat pertahanan Andi Widjojanto mengatakan, pemerintah harus mempercepat pembangunan kekuatan di laut seperti pembangunan kapal patroli kelas `fregate-corvette`.

“Tak hanya pengadaan kapal selam juga harus dipercepat, sehingga bersama kapal patroli tersebut dapat melakukan pengamanan di Laut Sulawesi, perairan Malaka-Riau-Natuna,” tuturnya.

Pada pertengahan Agustus 2010 Kementerian Pertahanan telah meluncurkan pembangunan kapal perang tempur jenis Perusak Kawal Rudal (PKR).

“Menhan juga sudah berkomitmen untuk pembuatan kapal selam di dalam negeri. Ini harus dipercepat semuanya, jangan ditunda-tunda lagi agar wilayah perairan kita aman,” kata Andi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: