Amerika: 9/11 “Hari Pembakaran Al-Qur’an”

AMERIKA SERIKAT: Menyengat di Hari Tragis

SUMBER: Tempo Interaktif

23 Agustus 2010

Terry Jones

SEPINTAS lalu, pendeta berambut-berkumis putih tebal ini seperti penginjil biasa. Suaranya tegas, sambil sesekali mengutip Injil, dengan aksen Negara Bagian Missouri yang kental. Tak banyak yang mempedulikan dirinya, sampai akhirnya ia mengumumkan gagasannya yang di mata banyak orang tak masuk akal.

Pada 11 September 2010, pukul 06.00-09.00, kita akan membakar Al-Quran untuk mengenang korban 11 September dan untuk berdiri melawan kejahatan Islam. Islam itu dari setan!” katanya. Pendeta Terry Jones, 58 tahun, pemimpin Gereja Dove World Outreach Center di Gainesville, Florida, Amerika Serikat, menyerukan hal itu kepada semua gereja di dunia.

Terry Jones memang tak sedang melucu. Ide yang terilhami dari halaman Facebook berjudul “Everybody Draw Muhammad Day” ini bergulir semakin serius. Kabarnya, ia telah meluncurkan video “cara membakar dan mengapa kita membakar kitab itu”. Tak ayal lagi, kata-katanya yang ditampilkan di sebuah halaman Facebook akhir Juli lalu itu pun cepat menyengat orang banyak di Amerika dan belahan lain dunia.

Protes dan kemarahan tidak hanya muncul dari kalangan muslim. Umat Kristen sendiri mengecam keras tindakan Pendeta Jones. Sebuah papan bertulisan “Islam is of the Devil” yang terpancang di depan Gereja Dove World Outreach Center dirobohkan-meski papan itu selalu tegak kembali keesokan harinya. Bahkan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menganggapnya upaya memicu perang antaragama. “Pembakaran Al-Quran bukan kebebasan berekspresi. Ini merupakan pelanggaran terhadap hak-hak 1,3 miliar muslim, baik Sunni maupun Syiah,” demikian pernyataan badan PBB itu.

Pendeta Jones menampik semua tudingan yang menilai dia telah menebarkan kebencian. “Justru kami menebarkan kebenaran. Kebenaran itu cinta dan harapan keselamatan,” katanya. Meski menuai kecaman dari berbagai pihak, upaya Pendeta Jones tersebut tak sia-sia. Seminggu setelah kata-katanya muncul di Facebook, pengikutnya bertambah ratusan orang.

Keberadaan Gereja Dove World Outreach Center pimpinan Pendeta Jones selama ini memang cukup meresahkan masyarakat Kota Gainesville. Gereja Dove World Outreach Center berdiri di sebuah ruang tamu milik Pendeta Donald O Northrup di daerah Gainesville, Florida, pada September 1986. Misi awal gereja ini adalah pelayanan bagi seluruh kalangan umat: kaya, miskin, muda, dan tua; konsep total sebuah gereja yang merupakan ekspresi dari kepenuhan Yesus Kristus; sebuah gereja yang ingin menjadi “rumah sakit” rohani untuk memulihkan dan menyembuhkan orang-orang sakit.

Di bawah kepemimpinan Pendeta Donald O Northrup, perkembangan jemaat gereja ini cukup pesat, dari 300 menjadi 2.200 anggota. Ketika Pendeta Jones memimpin, banyak aspek gereja berubah. Ia bertekad mengubah Gereja Dove World Outreach Center dari sebuah gereja lokal menjadi gereja apostolik dengan visi dunia. Tujuannya adalah membangun kerajaan Allah dan mempersiapkan generasi berikutnya dalam menyebarkan Injil.

Apa pun, yang terang seruan Jones terus mengundang reaksi. Dr Diaa Rashwan, ahli gerakan Islam dari Pusat Studi Politik dan Strategis Al-Ahram, Mesir, menyatakan bahwa seruan pembakaran kitab umat Islam merupakan preseden yang sangat berbahaya yang telah melampaui semua logika dan kepekaan.

“Jika terjadi, ini krisis yang serius di dunia Islam. Bayangkan apa yang terjadi dengan kartun Denmark, bayangkan apa yang terjadi jika Al-Quran dibakar,” katanya. Menurut Rashwan, tidak ada hubungan antara serangan 11 September dan Al-Quran. Sebuah logika yang tak masuk akal jika kitab suci menjadi tempat pertanggungjawaban atas kejahatan kemanusiaan.

“Dalam hal ini, kita bisa menyalahkan kitab suci bagi jutaan kematian sepanjang sejarah. Misalnya, Gereja Protestan atas nama Hitler bisa bertanggung jawab atas 70 juta orang yang tewas dalam Perang Dunia II,” katanya.

Suryani Ika Sari (USA Today, Guardian.co.uk, Examiner.com, Doveworld.org, Al-Arabiya News Channel

+++++++++++++++++++++

TERKAIT

6 Tanggapan

  1. Dengan Nama Allah, saya mengutarakan A/n isi hati seluruh ummat Islam Inthe World (didunia), akan bangkit, dan ini sudah tidak ada lagi kesabaran, akan terjadi lebih parah dari Perang dunia terakhir, memang dunia (bumi) sudah tua, dan bayangan yang turun dari langit, kemaren mungkin itu yang kami sudah tunggu-tungga (kalau bukan Imam Mahdi, maka itu adalah Nabi Isah (di Kristuskan), yang akan membunuh Terry Jones ini, karena Terry Jones inilah yang dimaksud Dajjal yang sebenarnya.
    bermata satu disini, maksudnya; bukan satu matanya. Akan tetapi, tidak berpikir lain Terry Jones hanya berpikiran tentang apa yang dilihat yaitu dunia saja, jauh dari Akhirat atau memang jones, Atheis yg pura-pura bertuhan. jadi kalau dikatan sempurna pandangannya, dunia wal akhiratnya jalan, tapi Jones Iblis berbentuk Manusia.
    Bettul, jika pembakaran Alqur’an itu terjadi, maka yang namanya Perang Agama akan peccah, maka tentara Muslim akan berpihak ke Agamanya, dimana saya bayangkan, pertama terjadi, seperti di Amerika akan perang dalam kesatuan Angkatan bersenjatanya. dimana-mana Negara akan seperti itu. Maka akan terjadi Perang ditiap Negara yang memiliki Angkatan bersenjata super power disitu akan pecah. Jadi ini hanya illustrasi kami an.ummat Islam, jika memang itu terjadi, pembakaran Alqur’an.

    Seandainya, yang akan dibakarnya itu, hanya kitabnya Gulam Ahmad, ya tidak apa-apa, kami juga akan membantunya, karena itu memang kitab yg tidak benar.

    Dari kami, mengharapkan, dan mengecam. Kalau yang bertanggung jawab atas ini, adalah Amerika Serikat. termasuk, menekan kezaliman-kezaliman Israel terhadap tetangganya sendiri, yang sudah hampir tanah Palestin direbutnya.

    Sekali lagi sebenar, yang bertanggung jawab semua ini adalah yg berperang sebagai Police Dunia (USA),
    Amerika serikatlah yang bertanggung jawab, jika perlu sebelumnya, Menangkap dan memenjarakan Terry Jones, karena sebelum melihat Terry jones diborgol, ummat Islam akan marah terus dan berdo’a kepada Allah Subhanahu watha’ala (Tuhan yg menciptakan terry jones, menciptakan Obama termasuk Negaranya, Tuhan yang menciptakan Dunia dan seluruh yg dilihat oleh mata kita ini, adalah ciptaannya. jadi ummat Islam akan berdo’a sampai Allah SWT, menurunkan Azabnya, boleh jadi dimana Terry jones itu berada, sekali gus juga dimana Police dunia (USA) berada itu dulu yg akan dihancurkan oleh bala’-bala’ atau bencana yang akan Allah SWT kirimkan. Subhanallah, walhamdu Lillah, Walaa Ilaha’ Illah Walaa haula walaa Quata Illah billahil Aliul adzim.
    Demikian, wahai IKHWANUL muslimina wal Muslimat Bangkitlah dari kesabaranmu selama ini, Karena rasulullah, hanya mencontohkan batas kesabaran itu, hanya 3x, selebih itu, kita beri ma’af yang bersangkutan kalau minta ma’af. dan kalau tidak minta ma’af perlu kita dera bersama.
    ALLAHU AKBAAAAAR 7x.

  2. Kayanya ntu Pendeta baru keluar dari Rumah sakit jiwa kali ya…..

  3. “TERRY JONES BIADAB”
    semoga Allah lekas menurunkan pertolonganx utk mencegah pembakaran Al-Qur’an tsb.saya sbgae umat islam tidak pernah ikhlas bila hal tsb benar2 trjadi..
    La illaha illallah..
    Allahu Akbaaaaaaar 7x

  4. ya…….Allah….laknat orang- orang kafir yang ingin / mempropaganda pembakaran AL-QURAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  5. TINDAKAN SMACAM ITU TDAK DI BNARKAN DALAM AGAMA ITU HARUS ADA TINDAKAN TEGAS DRI UMAT ISLAM ALLAHHUAKBAR JIHADFISABILLILAH HARUS DI PERSIAPKAN APAUN YG TERJADI……..!!

  6. jika mereka berani membakar al quran
    kami umat muslim didunia tidak akan tinggal diam
    ALLAHHUAKBAR
    KAMI SIAP APA SAJA UNTUK MEMBELA AGAMA ISLAM
    ALLAHHUAKBAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: