50 Website Terbaik 2010 Versi Time

50 Website Terbaik 2010 Versi Time

SUMBER: Republika

Sudah menjadi tradisi saban tahun, majalah tersohor AS, Time, mengeluarkan daftar peringkat 50 besar situs terbaik versi mereka. Kini, staff redaksi Time kembali mengumumkan daftar tersebut untuk tahun 2010.

Lima puluh situs terbaik itu terbagi dalam sepuluh kategori, yakni musik dan video, olahraga, berita dan informasi, keuangan dan produktivitas, belanja dan perjalanan, media sosial, game, pendidikan, kesehatan dan fitnes dan terakhir, keluarga dan anak-anak. Setiap kategori memiliki masing-masing memiliki lima peringkat. Berikut beberapa situs yang masuk kategori paling sering banyak diakses.

Untuk video dan Musik, Vimeo menempati puncak teratas. Situs ini adalah situs berbagi video yang menawarkan layanan streaming. Oleh Time, Vimeo disebut sebagai produk indie yang disayang bila dibanding pemain utama, YouTube. Apa menariknya? Bila anda mengetik ‘president’ misal, maka anda bisa menjumpai video animasi humoris yang mencuat dari katalog George W Bush.

Bandingkan bila anda mengetik kata yang sama di YouTube, maka selain video lawas anda hanya menemukan video-video musik yang relevan. Bagi penonton umum, video yang ditampilkan  di Vimeo lebih pendek dan artistik. Setelah Vimeo, empat situs lain yang dipilih Time, berturut-turut ialah, MovieclipsGrooveshark, MOG,
Labuat

Dalam kategori olahraga, Time menempatkan Sport-Reference di tempat tertinggi. Alasan mereka, situs ini mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan bahkan paling tidak populer seputar dunia olahraga, seperti kapan terkahir kali Shaquille O’Neal bermain dengan L.A, Lakers sebelum pindah ke Boston Celtics? Di mana ia memperoleh gelar peraih skor terbaik dalam liga sepanjang masa?

Tak cuma itu, Sport References mengompilasikan pula hasil pertandingan tujuh olahraga utama di dunia, baseball, sepak bola, bola basket, hoki, liga rugby antar universitas, bola basket antar universitas dan Olimpiade, dan mengaitkan semua informasi dengan atlet masa lalu hingga masa kini. Itu belum termasuk informasi tentang fakta dan figur terbaru berdasar musim pertandingan. Empat situs lain dalam lima besar adalah Rotoworld, Yardbarker, Total Pro Sports dan Citizen Sports

Lantas situs apa yang terbaik dalam berita dan informasi. Gelar dari Time mendarat pada Guardian, situs berita tersohor asal Inggris Raya. Menurut Time, belum ada cabang mati sebuah surat kabar yang menerima kehadiran era digital sepenuh Guardian. Bukan sekedar menawarkan berita yang cerdas dan liputan komprehensif lewat laman berdesain menarik, tetapi juga aplikasi mobile yang memudahkan setiap orang mengakses Guardian lewat berbagai platform.

Tak hanya itu, semua diberikan secara cuma-cuma oleh Guardian tak berbayar!. Situs lain yang masuk kategori ini yakni, The Onion, The Daily Beast, National Geographic dan WikiLeaks.

Sementara di kategori sosial media, Gowalla ditahbiskan sebagai pemilik tahta. Posisi Gowalla menyingkirkan Facebook yang masuk di versi situs terbaik tahun 2009. Bahkan di daftar 2010, Facebook tak nongol lagi. Foursquare bisa jadi menyedot banyak perhatian, namun Gowalla dinilai jauh lebih menyenangkan.

Seperti Foursqures, Gowalla juga menghadirkan posisi tempat anda di dunia nyata dengan smartphone, namun bedanya Gowalla memberi warna-warna cerah dan aplikasi antarmuka lucu dan menyenangkan (termasuk memasukan foto dan perjalanan di sekitar lokasi. Gowalla, nilai Time, laiknya paspor keren yang interaktif. Empat situs lain yang juga direkomendasikan Time di kategori ini adalah Foodspotting, LinkedIn, StockTwits dan Tumblr

Satu yang tak boleh ketinggalan diulas adalah kategori game di mana situs Kongregate berjaya di puncak. Bahkan Time tak menyarankan anda membuka situs ini di saat jam kantor karena situs tersebut memiliki koleksi masif yang akan ‘membunuh’ hampir semua waktu anda. Nilai tambahnya,  sistem poin memungkinkan pengguna naik level dan memperoleh prestasi nyata saat menyelesaikan game.

Sedangkan situs lain menurut Time yang panta ditilik selain Kongregate ialah Cactus Squid, Pogo, Newgrounds dan Games.com

Berikut adalah jagoan-jagoan Time untuk lima kategori lain

Keluarga dan Anak,

2 Tanggapan

  1. Ga ada yang dari indonesia nih?

  2. blog aq mana???heheheh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: