Israel Ancam Serang Kapal Bantuan Kemanusiaan Lebanon untuk Gaza

Israel Ancam Serang Kapal Bantuan Kemanusiaan Lebanon untuk Gaza

SUMBER: Irib

Seorang pejabat senior militer Israel memperingatkan pemerintah Beirut yang membolehkan sebuah kapal bantuan kemanusiaan berangkat dari pelabuhan Lebanon menuju Jalur Gaza.

“Saya mengatakan dengan tegas kepada pemerintah Lebanon: Anda bertanggung jawab atas kapal yang meninggalkan pelabuhan dengan niat mencoba mendobrak blokade atas Gaza,” kata Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak Kamis (17/6).

Peringatan itu mengemuka sehari setelah kelompok aktivis perempuan Lebanon menyatakan rencana mereka mengirim kapal sarat bantuan kemanusiaan dan suplai medis ke Gaza.

Israel menyatakan bahwa angkatan lautnya yang tidak akan membiarkan kapal tersebut mencapai Gaza.

“Pemerintah Lebanon bertanggung jawab atas kapal yang meninggalkan pelabuhannya… karena dapat mengakibatkan bentrokan dan tindak kekerasan berbahaya jika kapal tersebut menolak digiring ke pelabuhan Asdod,” kata Barak.

Samar Haji, panitia konvoi bantuan kemanusiaan itu menyatakan 50 aktivis Lebanon dan asing akan mengikuti ekspedisi kemanusiaan tersebut. “Kami semua perempuan independen yang percaya dapat mendobrak blokade atas Gaza,” kata Samar Haji.

Pada 31 Mei lalu, pasukan Israel menyerang konvoi kapal bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza di perairan internasional. Serangan tersebut merenggut nyawa 20 aktivis dan puluhan lainnya cedera.(IRIB/MZ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: