Turki Mulai Hukum Israel

Turki Mulai Hukum Israel

Sumber: Irib

Turki menghentikan pelaksanaan kontrak-kontrak kerjasama militer dengan rezim Zionis Israel. Koran Today’s Zaman Turki, Jumat (18/6) menulis, “Menyusul serangan mematikan Israel terhadap konvoi bantuan kemanusiaan Gaza, Turki menghentikan pelaksanaan kontrak-kontrak kerjasama militer dengan Israel senilai lebih dari 6,4 miliar dolar.”

Menurut keterangan Today’s Zaman, pemerintah Ankara juga menyatakan hingga saat ini belum memutuskan kembali penempatan duta besarnya di Tel Aviv mengingat Israel belum meminta maaf atas pembantaian tersebut.

Perjanjian militer Turki-Israel mencakup berbagai bidang antara lain, proyek pesawat tempur, modernisasi tank, dan program rudal.

Pemerintah Turki, Kamis (17/6) mengadakan rapat yang dipimpin Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan untuk menentukan Peta Jalan hubungan dengan Israel.

Presiden Turki Abdullah Gul sebelumnya mengumumkan bahwa Peta Jalan tersebut harus disusun sebagai sanksi terhadap Israel.

“Peta Jalan itu merinci proses yang akan dijalankan Turki terkait pemutusan hubungan dengan Israel dalam beberapa tahap,” tambahnya.

Menurut Peta Jalan, langkah pertama, Turki tidak akan menempatkan kembali duta besarnya di Tel Aviv kecuali Israel mengirim anggotanya ke komisi investigasi PBB untuk menyelidiki serangan Zionis terhadap konvoi Freedom Flotilla.

Selain itu, Peta Jalan mengharuskan penghentian semua latihan dan kerjasama militer dengan Israel dan menyatakan bahwa investigasi internal oleh Israel atas serangan mematikan itu sama sekali tidak diakui oleh Turki. (IRIB/RM/AHF)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: