Ketua DPR belum Siap Berdemokrasi

Ricuh Sidang Paripurna

Ketua DPR belum Siap Berdemokrasi

SUMBER: Media Indonesia

AKARTA–MI: Ketua Dewan Direktur CIDES (Center for Information and Development Studies) Ricky Rachmadi menilai tindakan sepihak Ketua DPR RI Marzuki Alie (dari partai Demokrat -myartikel-) yang menghentikan Sidang Paripurna DPR dengan agenda penetapan hasil Pansus Bank Century, telah merusak tatatan berdemokrasi.

Sikap Marzuki juga sekaligus merendahkan prosedur konstitusional ataupun aturan pelaksanaan sidang parlemen, khususnya Sidang Paripurna di DPR. Ketua DPR juga dipandang tak memiliki kesanggupan berdemokrasi melalui forum nasional yang keberadaannya mendapat sorotan luas dari masyarakat tersebut.

“Tanpa kesepakatan dengan pimpinan dewan lainnya Ketua DPR tidak boleh sesuka hati menghentikan jalannya sidang paripurna DPR,” tegas Ricky di Jakarta, Selasa (2/3).

Dia menegaskan, seraya mengingatkan pimpinan DPR bersifat kolektif kolegial.

Menurut Ricky, penghentian sidang paripurna DPR sepihak itu, seharusnya tidak perlu terjadi jika Ketua DPR memiliki kesanggupan dan kedewasaan dalam memimpin sidang, di samping mampu mencerminkan pemahaman tugas-tugas menjalankan demokrasi di dalam parlemen.

“Secara tidak langsung penghentian sidang itu merupakan bentuk demoralisasi parlemen di hadapan publik,” tegas Ricky, lagi.

Ditambahkan, cara penghentian seperti itu tidak boleh terulang kembali pada sidang di dalam gedung dewan yang terhormat serta tempat para wakil rakyat membawa misi luhur perjuangan demokrasi itu.

“Karena cara tersebut jelas menjadi cacat dalam pelaksanaan maupun etika berdemokrasi, termasuk melukai para wakil rakyat itu sendiri,” katanya.

Ricky mengatakan, menjadi pimpinan DPR juga tidak boleh menunjukkan keinginan pribadi atau menonjolkan kepentingan partai yang diwakilinya, sehingga untuk memimpin sidang pun pimpinan DPR perlu meletakkan pada kaidah kebersamaan dan menjaga kewibawaan demokrasi.

“Jadi, Ketua DPR dalam memimpin sidang harus terbuka dan bersikap demokratis, tidak boleh menjadikan jalannya sidang di DPR sebagai rapat internal partai,” jelas Ricky. (*/OL-7)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: