Cegah Lobi, Pimpinan Fraksi Matikan Ponsel

Cegah Lobi, Pimpinan Fraksi Matikan Ponsel

SUMBER: Republika

JAKARTA–Sikap Ketua DPR Marzuki Alie yang memicu kericuhan di ruang sidang paripurna DPR, Selasa (2/3), disinyalir sebagai upaya Fraksi Partai Demokrat mengulur waktu pengambilan keputusan. Karena pada saat itu, banyak desakan dari anggota DPR agar pimpinan sidang mengubah agenda dan langsung mengambil keputusan soal hasil Pansus Hak Angket Century.

Sumber Republika menduga sikap Marzuki dipicu atas beban yang hinggap di kepalanya atas keinginan Partai Demokrat untuk melangsungkan pengambilan keputusan besok (3/3), bukan hari ini (2/3). Karena itu demi menghentikan lobi yang berlanjut gara-gara pengambilan keputusan baru akan dilangsungkan besok. ”Ketua fraksi diminta untuk mematikan telepon genggamnya (untuk mencegah lobi lanjutan),” kata politisi senior di salah satu partai koalisi itu, Selasa siang.

Bahkan alasan Marzuki yang mengatakan kericuhan dipicu oleh pengeras suara dalam meja anggota tidak menyala bila dipencet bersamaan oleh lebih dari beberapa orang juga dianggapnya bisa terjadi karena pimpinan dewan memang memiliki tombol kendali dalam mejanya untuk sengaja mematikan pengeras suara di meja anggota.

Anggota Pansus dari PPP, Romahurmuzy menduga sikap Marzuki tidak erat kaitannya dengan upaya mengulur pengambilan keputusan. Menurut Romy, Partai Demokrat memang terlambat mengkonsolidasikan sikapnya dengan partai lain.

Partai itu bahkan dikatakannya telah terlobi, bukan hanya melobi, gara-gara keterlambatan mereka membangun komunikasi dengan partai koalisi. ”Sikap Marzuki lebih karena pengalaman politiknya yang terbatas,” ujar Romy, sapaan akrab Romahurmuzy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: