Pak Amien Kecewa Tak Ada Fraksi Sebut Nama Siapa Bertanggung Jawab Kasus Century

Amien: Tidak Ada Fraksi Yang Sebut Nama

SUMBER: Antara News

Jakarta (ANTARA News) – Ketua Majelis Pertimbangan Partai Partai Amanat Nasional (MPP PAN) Amien Rais mengatakan, seluruh fraksi tidak ada yang menyebutkan nama pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam pandangan akhir fraksi masing-masing.

“Saya memiliki mata dan telinga dimana-mana. Informasi yang saya terima tidak ada satupun fraksi yang menyebutkan nama pihak yang bertanggung jawab,” kata Amien Rais menjawab pertanyaan pers di Gedung DPR Jakarta, Selasa.

Dikatakannya, tidak adanya fraksi-fraksi yang menyebutkan nama pihak-pihak yang bertanggung jawab itu menunjukkan telah terjadinya politik transaksional.

Menurut dia, dampak dari politik transaksional itu adalah fraksi-fraksi yang semula menggebu-gebu, bersemangat, tapi pada malam ini menjadi lemah lunglai.

“Saya kecewa karena tidak ada satupun fraksi yang menyebutkan nama dari pihak yang bertanggung jawab itu,” kata mantan Ketua Umum DPP PAN ini.

Dikatakannya pula bahwa politik transaksional itu terjadi karena dua hal, yakni adanya iming-iming tertentu dan adanya ancaman dari pihak tertentu.

Ketika ditanya, politik transaksional yang terjadi terhadap fraksi-fraksi di DPR malam ini apakah karena iming-iming atau ancaman, menurut Amin, dirinya tidak mau menjawab pertanyaan itu.

“Anda bisa memperkirakannya sendiri,” katanya.

Menurut dia, ketika Tim Sembilan, yakni sembilan orang inisiator Panitia Angket Kasus Bank Century ke rumah pribadinya di Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (22/2), ia sudah memberikan semangat agar fraksi-fraksi menyebutkan nama pihak-pihak yang bertanggung jawab.

Namun kenyataannya menjelang penyampaian pandangan akhir fraksi, kata diam sikap fraksi-fraksi di DPR berubah, termasuk fraksi PAN.

“Sebagai Ketua MPP PAN saya tidak bisa berbuat banyak, karena pada pengurus pusat PAN ada banyak orang. Saya tidak bisa mempengaruhinya, karena saya bukan otoriter. Ya sudah, wassalam,” katanya.

Amien tiba ke Gedung DPR sekitar pukul 19.00, karena ingin menyaksikan langsung penyampaian pandangan akhir fraksi-fraksi pada

rapat pleno Panitia Angket Kasus Bank Century.

Anggota Panitia Angket Kasus Bank Century dari Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan, dirinya belum tahu jika fraksi-fraksi tidak ada yang menyebut nama.

Jika memang benar seperti itu, kata dia, itu bagus berarti fraksi-fraksi memiliki pandangan yang sama dengan Partai Demokrat yakni penyelamatan Bank Century untuk kepentingan bangsa Indonesia dan tidak ada pelanggaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: