Antasari Divonis 18 Tahun

Antasari Divonis 18 Tahun

SUMBER: Kompas.Com

JAKARTA, KOMPAS.com – Majelis hakim menjatuhkan vonis 18 tahun penjara kepada terdakwa mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Antasari Azhar dalam kasus pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis  (11/2/2010).

“Menyatakan terdakwa Antasari Azhar terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pidana turut serta dan menganjurkan pembunuhan berencana dan mempidanakan penjara selama 18 tahun penjara,” ucap ketua mejelis hakim Herri Swantoro saat membacakan putusan setebal 179 halaman di hadapan terdakwa, para kuasa hukum terdakwa serta Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dua anggota hakim lain yaitu Nugroho Setiadji, dan Prasetyo Ibnu Asmara.

Hakim tidak sependapat dengan pandangan kuasa hukum dan tidak ada alasan menghapus dakwaan sehingga terdakwa harus dijatui hukuman pidana. Menurut majelis hakim, semua unsur dalam Pasal 55 ayat 1 kesatu jo Pasal 55 ayat 1 kedua jo Pasal 340 KUHP yaitu unsur barang siapa melakukan turut serta, menganjurkan dengan sengaja, turut berencana terlebih dahulu menghilangkan nyawa orang lain, terpenuhi.

Hal yang memberatkan Antasari, lanjut majelis hakim, perbuatan Antasari membuat anak dan isteri korban kehilangan kebahagiaan. Sementara hal yang meringankan, Antasri dinilai bersikap sopan dan santun selama persidangan. Ia juga belum pernah dihukum dan berjasa pada negara dengan melakukan pemberantasan korupsi.

Vonis hakim ini lebih rendah daripada tuntutan JPU yang menuntut hukuman mati. Dalam tuntutannya, JPU menyatakan tidak ada yang meringankan dari Antasari.

2 Tanggapan

  1. Antasari Azhar tidak terbukti secara sah, dan tidak ada bukti formil maupun material dalam turut serta dan menganjurkan pembunuhan berencana terhadap Direktur PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen.
    Hakim memutuskan hanya berdasarkan BAP yang dipegang, sehingga memperlihatkan ketidakmampuan dan ketidaktahuan majelis hakim.
    Selain itu soal pesan singkat (SMS) ancaman pembunuhan dari Antasari tidak terbukti, kemudian soal kesaksian adanya rekayasa menjerat Antasari yang terungkap dalam persedidangan juga tidak menjadi bahan pertimbangan Hakim.

  2. pendoliman yang luar biasa terhadap Bapak Antasari
    pengadilan kita hanya atraksi kekonyolan belaka…!
    Semoga Allah SWT membelamu Pak Antasari Azhar

    silahkan membaca artikel berguna ini yang mengungkap rekayasa pengadilan Antasari

    http://nusantaranews.wordpress.com/2010/02/12/kasus-antasari-azhar-fakta-rekayasa-sms-18-tahun-penjara/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: