Amien Rais: Gus Dur Otomatis Pahlawan

Amien Rais: Gus Dur Otomatis Pahlawan

SUMBER: Republika Online

By Republika Newsroom
Sabtu, 02 Januari 2010 pukul 13:21:00

MALANG–Mantan Ketua MPR RI Prof Dr Amien Rais menyatakan, secara otomatis KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) harus mendapatkan gelar pahlawan nasional dari Pemerintah. “Sudah sepantasnya dan selayaknya kalau Gus Dur mendapatkan gelar pahlawan nasional. Siapa pun atau pihak mana pun tidak perlu lagi mempersoalkannya,” tegas Amien usai memberikan kuliah tamu di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu.

Menurut tokoh reformasi itu, separuh dari perjalanan hidup Gus Dur sudah didedikasikan dan diabdikan pada bangsa ini sehingga sudah sepantasnya, bahkan secara otomatis gelar pahlawan nasional itu diberikan pada mantan Ketua Umum PBNU itu. Menyinggung adanya perbedaan pendapat antara dirinya dan Gur Dur ketika masih sama-sama berkecimpung dalam ranah politik Amin menegaskan, perbedaan pendapat tersebut merupakan hal yang biasa dalam negara demokrasi.

“Dalam berdemokrasi kami memang sering beda pendapat, namun semua itu tidak berpengaruh terhadap hubungan baik secara personal. Yang terpenting saat ini adalah bagaimana kita memberikan sumbangsih yang terbaik bagi negeri ini termasuk buat beliau (Gus Dur),” tegasnya.

Sebelumnya pengamat politik dan tokoh NU Kota Malang Prof Dr Mas’ud Said juga memberikan dukungan jika Pemerintah memberikan gelar pahlawan nasional pada mantan presiden ke-4 Republik Indonesia (RI) itu. Menurut Mas’ud yang juga dosen FISIP UMM itu, jasa yang dipersembahkan Gus Dur untuk bangsa Indonesia cukup banyak terutama dalam menegakkan demokrasi dan perdamaian sehingga sudah selayaknya kalau Gus Dur diberi gelar pahlawan nasional.

Setelah Gus Dur wafat pada Rabu (30/12) sekitar pukul 18.45 di Rumah Saki Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, banyak aspirasi masyarakat untuk memberikan gelar pahlawan nasional kepada mantan presiden ke-4 RI tersebut. ant/kpo

Satu Tanggapan

  1. Secara pribadi, saya merasa bangga sekali jika akhirnya Gus Dur diberi gelar Pahlawan Nasional. Sekalipun setelah beliau tiada, memang gelar tak berarti apapun bagi yang bersangkutan…, tapi pandangan seorang Gus Dur mengenai perjuangan untuk persatuan&kesatuan Indonesia patut diacungi jempol; bahwa seluruh kalangan, baik mayoritas maupun minoritas, kesemuanya itu adalah bagian dari Indonesia, yang layak untuk diperjuangkan.
    Buat Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: