Gus Dur Dimakamkan di Jombang, Presiden Akan Pimpin Upacara

Gus Dur Dimakamkan di Jombang, Presiden Akan Pimpin Upacara

SUMBER: KOMPAS

Rabu, 30 Desember 2009 | 20:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemakaman jenazah mantan Presiden Abdurrahman Wahid sesuai rencana akan dilaksanakan di tanah kelahirannya di Jombang, Jawa Timur, Kamis (31/12/2009). Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan bakal memimpin upacara pemakaman Gus Dur.

“Presiden akan memimpin upacara pemakaman besok yang kemungkinan akan dilaksanakan di Jombang,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa kepada Kompas.com, Jakarta, Rabu (30/12/2009) malam.

Dia mengaku saat ini masih melakukan rapat bersama Presiden untuk persiapan upacara pemakaman Gus Dur. Di sisi lain, Hatta mengatakan bahwa ia juga akan takziah ke rumah duka dan menghadiri pemakaman Gus Dur langsung ke Jombang. “Besok pagi saya ke Jombang,” tandasnya.

=================

Jimly Asshiddiqie: Gus Dur Pantas Jadi Pahlawan Demokrasi

SUMBER: KOMPAS

Rabu, 30 Desember 2009 | 21:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie menyarankan agar almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ditetapkan sebagai salah satu pahlawan demokrasi. Pasalnya, semasa hidup, Gus Dur selalu menegakkan demokrasi di Indonesia.

“Beliau pantas mendapat penghargaan dari negara. Gus Dur adalah pemimpin besar yang berani melawan arus. Kita butuh orang seperti beliau,” ujar Jimly saat ditemui di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rabu (30/12/2009).

Selain itu, lanjutnya, Gus Dur juga seorang yang multikulturalis. Dalam memimpin, Jimly menilai Gus Dur sebagai sosok yang mampu membentuk opini publik dan tidak mudah tunduk terhadap kekuasaan massa.


====================

.

Inilah Tiga Prinsip Hidup Gus Dur

SUMBER: KOMPAS

Rabu, 30 Desember 2009 | 20:49 WIB

Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak ada kenangan tak mengenakkan yang ditinggalkan Gus Dur pada orang-orang yang dikenalnya, termasuk salah satu orang dekat Gus Dur yang pernah menjabat sebagai Ketua DPP PKB, Hermawi Taslim.

Kepada Kompas.com, Hermawi mengungkapkan tiga prinsip dalam hidup Gus Dur yang selalu ia sampaikan kepada orang-orang terdekatnya.

Pertama, mengutip Hermawi, Gus Dur akan selalu berpihak pada yang lemah. Kedua, anti-diskriminasi dalam bentuk apa pun, dan ketiga, tidak pernah membenci orang, sekalipun disakiti.

“Itu nilai-nilai yang selalu ia sampaikan kepada kami dan menjadi prinsip hidupnya,” kata Hermawi, yang selama 10 tahun terakhir turut bersama Gus Dur dalam segala aktivitasnya.

________________________________

.

BERITA TERKAIT

2 Tanggapan

  1. Selamat Jalan Gus Dur

    Semoga Allah SWT Memberikan Kasih Sayang-Nya Padamu

  2. rencananya januari 2010 gus dur terima penghargaan di AS
    gus dur tak mau di kawal
    kepergian KH abdurrahman wahid kehilangan besar bangsa
    iring -iringan bawa jenazah gus dur tinggalkan RSCM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: